Sunan Giri Menerima Tantangan Begawan Minto

Makan Sunan Giri foto oleh indonesiawonder.com
Setelah tadi malam saya sudam membahas asal usul Sunan Giri, maka malam ini saya akan membahas sebuah cerita tentang Sunan Giri menjawab tantangan Begawan Minto. Setelah kurang lebih 3 tahun lamanya Sunan Giri mndirikan Pondok Pesantren Di Gunung Giri, akhirnya Termashyur lah nama Beliau dan pesantrennya di seluruh pulau jawa. Lain pihak, di Gunung Lawu terdapat sebuah padepokan yg dipimpin Begawan sakti yang bernama Begawan Minto. Karena merasa tersaingi oleh Sunan Giri Maka Begawan Minto pergih ke pesantern Giri untuk mengajak adu ilmu.

Suatu hari pada saat Sunan Giri melakukan kegiatan belajara mengajar bersama murid-muridnya, tiba-tiba salah satu muridnya datang dengan tergesa-gesa. “Ada apa muridku? tanya Sunan Giri, “ada tamu yang ingin bertemu dengan kanjeng Sunan”. kata murid" suruh Dia masuk !!.. " perintah kanjeng Sunan. Kisanak Ini berasal dari mana? " tanya kenjeng Sunan. Namaku Begawan Minto Semeru , aku berasal dari gunng lawu. Aku mendengar guru besar padepokan Gunung Giri, Seorang sakti yang berilmu tinggi. aku ingin mencoba kesaktian tuan Guru "ujar begawan Minto. Mencoba Kesaktian ? " tanya kanjeng sunan", iya bila aku kalah. aku bersedia menjadi Murid mu, tapi jika tuan kalah maka akan aku penggal leher tuan dan Tidak adapun orang sakti di tanah jawa selain aku.."ujar begawan minto. Ketahuilah kisanak, bahwa semua yg ada di alam semesta ini kepunyaan ALLAH SWT, Dia Maha Kuasa lg Maha Sakti, jika Tuhan tidak menghendaki kisanak memotong leherku . sejuta orang pun tidak akan mampu melaksanakan nya " Ujar Kanjeng sunan Dengan Sopan. Jadi tuan menerima tantanganku .? "begawan Minto" Silahkan Jika Kisanak, ingin mencoba Ilmu Ciptaan ALLAH kepadaku." ujar kanjeng Sunan.

Sebelum mulai pertarungan marilah kita main tebak -tebakan, saya akan mengubur binatang di Gunung Pertukangan, Tuan tinggal menebak hewan apa yang saya kubur?" Begawan Minto silahkan" kata Sunan Giri. dengan Kecepatan kilat Begawan Minto pun segera menciptakan 2 ekor angsa dan menguburnya, silahkan Tuan tebak .." ujar Begawan Minto." yang kisanak kubur adalah Sepasang ular naga .. kata Kanjeng Sunan Giri. mendengar itu begawan Minto Tertawa terbahak bahak, jawaban Tuan salah, itu adalah 2 ekor angsa. Apa kisanak yakin..??? " tanya Kanjeng Sunan. iya.. klo begitu mari kita buktikan." Begaan Minto dengan kecepatan kilat keduanya pun sampai di temapat Penguburan itu, setelah Dibuka tiba - tiba keluarlah sepasang ular naga. Sang Begawan bergumam " kali ini aku kalah, tapi awas nanti.

Berkali - kali begawan Minto Mengeluarkan Kesaktiaanya, tapi kanjeng Sunan dapat  mengatasinya hingga dia mengeluarkan Jurus andalannya, Begawan Minto melepaskan Ikat kepalanya dan terbanglah Ikat kepala itu dengan kecepatan tinggi. Namun Kanjeng sunan Giri tidak diam, dia Melepaskan Sorban nya dan mengejar Ikat kepala itu dgn kecepatan tinngi juga. Hingga akhirnya sorban Sunan menaiki Ikat Kepala Begawan Minto dan Terjatuh di Bawah kaki Begawan Minto.

Begawan Minto pun tidak terima dengan kekalahannya, dia mencoba beradu ilmu lagi. Diciptakannya beberapa telur dan disusun nya dari bawah sampai ke atas, tapi aneh telur telur itu tdk jatuh. Melihat itu Kanjeng sunan langsung mengambil telur telur itu dari bawah dan di susun nya, lebih aneh nya telur telur itu pun tdk jatuh. Merasa malu, Begawan Minto mengajak duel kanjeng sunan, dengan kecepatan tinggi Begawan melakukan Pukulan ke kanjeng sunan, tapi dgn kecepatan tinggi pula Sunan Giri membalikan pukulannya, tak ayal mengenai diri Begawan Minto sendiri.

Akhirnya Begawan Minto merasa kala, dan berjanji menjadi murid kanjeng sunan. Begitulah salah satu Karomah yang dimiliki oleh Sunan Giri, Semoga Bermanfaat.

Post a Comment

2 Comments

  1. Begawan minto semeru/ syeh nurul huda murid sunan giri itu makamnya berada di ngledok mantingan ngawi jatim,,

    ReplyDelete
  2. Meluruskan sedikit bukan di ngledok tapi di tambakboyo dekat masjid al atiq. kalo di ngledok itu ki ageng jogorogo atau sunan mantingan. Dr sumber saya mendapatkan seperti itu

    ReplyDelete