Nama lengkap Imam Syafi'i
adalah Muhammad bin Idris As Syafi’i Al Quraisy beliau ada lah yang mempunyai
madzhab Syafi'i. Beliau dilahirkan di daerah Ghazzah, Palestina pada tahun 150
H di bulan Rajab.
Nasab Imam Syafi’i
Beliau bernama Muhammad
bin Idris bin Abbas bin Utsman bin Syafi’i bin Saib bin Abdu Yazid bin Hasyim
bin Abdullah bin Abdu Manaf. Kun-yah (panggilan kehormatan) beliau adalah Abu
Abdullah (bapaknya Abdullah) dikarenakan salah seorang anak beliau yang bernama
Abdullah. Nasab Imam Syafi’i bertemu dengan nasab Rasulullah SWA. pada Abdu
Manaf. Sedangkan Hasyim kakek Imam Syafi’i bukanlah kakek dari Rasulullah SAW.
Diriwayatkan bahwa ketika
beberapa hari setelah ibunda Imam Syafi’i melahirkan terdengar kabar dari
Baghdad tentang meninggalnya Imam Abu Hanifah. Tatkala diteliti dengan seksama
ternyata hari meninggalnya Imam Abu Hanifah bertepatan dengan saat lahirnya
Imam Syafi’i. Para ulama waktu itu mengisyaratkan bahwa Muhammad yang baru
lahir kelak akan mengikuti derajat keilmuan Imam Abu Hanifah.
Hadits Rasulullah SAW.
yang mengisyaratkan kedatangan Imam Syafi’i
Para ulama telah menelaah
sejumlah hadits dari Rasulullah SAW. berkenaan dengan kegembiraan Rasulullah
SAW. kepada Imam Syafi’i.
Hadits dari Ibnu Mas’ud
beliau berkata: Rasulullah SAW. telah bersabda: "Janganlah kamu mencaci-maki
Quraisy karena orang alim Quraisy itu ilmunya akan memenuhi bumi. Ya Allah,
Engkau telah memberi siksaan pada awal Quraisy, maka berilah anugerah pada
akhir Quraisy.”
Hadits dari Ali bin Abi
Thalib beliau berkata: Rasulullah SAW. telah bersabda: "Jangan kamu mengimami
orang Quraisy dan bermakmumlah kamu pada mereka. Jangan mendahului Quraisy akan
tetapi dahulukanlah mereka. Jangan kamu mengajari Quraisy tetapi belajarlah dari
mereka karena ilmu orang alim Quraisy akan menyebar ke seluruh dunia,”
Kesungguhan Imam Syafi’i
dalam menuntut ilmu
Meskipun dibesarkan dalam
keadaan yatim dan kondisi keluarga yang miskin, tidak menjadikan beliau rendah
diri apalagi malas. Sebaliknya, keadaan itu membuat beliau makin giat menuntut
ilmu. Pada umur 9 tahun beliau telah hafal Al Quran seluruhnya. Beliau banyak
berdiam di Masjid al-Haram dimana beliau menuntut ilmu pada ulama-ulama dalam
berbagai bidang ilmu.
Beliau mencatat ilmu-ilmu
yang telah diperolehnya pada kertas-kertas, kulit dan tulang binatang. Hingga
pada suatu hari kamar tempat istirahatnya penuh oleh kertas, kulit dan tulang.
Maka seluruh catatan pada benda-benda itu dihafal oleh Imam seluruhnya, lalu
setelah itu benda-benda tersebut dibakarnya.
Kekuatan hafalan Imam
Syafi’i sangat mencengangkan.
Sampai-sampai seluruh kitab yang dibaca dapat dihafalnya. Ketika beliau membaca
satu kitab beliau berusaha menutup halaman yang kiri dengan tangan kanannya
karena khawatir akan melihat halaman yang kiri dan menghafalnya terlebih dahulu
sebelum beliau hafal halaman yang kanan.
Mengenai hal ini beliau
bercerita: bahwa beliau pernah bermimpi bertemu Rasulullah SAW. dan Rasulullah
SAW berkata kepadanya: “Siapa kamu hai anak muda?” Imam Syafi’i berkata. : “aku termasuk umatmu,
ya Rasulullah” Rasul berkata:
“mendekatlah padaku.”
Imam Syafi’i lalu mendekat
kepada Rasulullah SAW., lalu Rasul mengambil air liurnya dan meletakkan air
liur itu ke dalam mulut dan bibir Imam Syafi’i. setelah itu Rasulullah SAW.
berkata padanya: “ berangkatlah, semoga Allah memberkahimu.” Setelah mimpi itu beliau tak pernah merasa
kesulitan dalam menghafal ilmu.
Beliau juga telah mencapai
kemampuan berbahasa yang sangat indah. Kemampuan beliau dalam menggubah syair
dan ketinggian mutu bahasanya mendapat pengakuan dan penghargaan yang sangat
tinggi oleh orang-orang alim yang sejaman dengan beliau.
Demikian tinggi
prestasi-prestasi keilmuan yang telah beliau capai dalam usia yang masih sangat
belia, sehingga guru-gurunya membolehkan beliau untuk berfatwa di Masjid
al-Haram. Ketika itu beliau bahkan baru mencapai usia 15 tahun.
Kepergian Imam Syafi’i ke
Madinah
Imam Syafi’i hidup sejaman
dengan Imam Malik bin Anas, seorang ulama besar pendiri madzhab Maliki. Imam
Malik bin Anas juga dikenal sebagai Ahli Hadits. Beliau menghimpun
hadits-hadits nabi dalam kitab beliau yang berjudul Muwattha’. Imam Syafi’i
pernah meminjam kitab Muwattha’ pada salah seorang penduduk Mekkah dan
menghafalnya dalam waktu singkat. Imam Syafi’i rindu untuk melihat Imam Malik
di Madinah Al Munawwarah dan berharap dapat mengambil manfaat dari ilmu beliau.
Maka pada suatu hari berangkatlah
Imam Syafi’i ke Madinah dengan niat untuk menuntut ilmu. Dalam perjalanan dari
Mekkah menuju Madinah beliau mengkhatamkan bacaan Al Qur’an sebanyak 16 kali.
Malam satu kali khatam dan siangnya satu kali. Pada hari ke delapan beliau tiba
di Madinah setelah shalat ashar. Beliau shalat di Masjid Nabawi dan berziarah
terlebih dahulu ke makam Rasulullah SAW.. Setelah itu baru beliau menuju
kediaman Imam Malik bin Anas.
Ketika Imam Syafi’i
menghadap Imam Malik, beliau berkata: “mudah-mudahan Allah selalu memberimu
kebaikan. Aku adalah seorang penuntut ilmu. Kondisi dan ceritaku begini dan
begini…”
Mendengar perkataan itu
Imam Malik merasa kasihan dan bertanya kepadanya: “siapa namamu?” menjawab: “Muhammad.” Imam Malik berkata
kepadanya; “wahai Muhammad, bertaqwalah kepada Allah, hindarilah maksiat. Aku
melihat di hatimu ada cahaya. Karena itu janganlah kamu padamkan cahaya itu
dengan maksiat. Sesungguhnya cahaya itu akan menjadikanmu dibutuhkan oleh
manusia. “ Imam Syafi’i menjawab: “ya.” Imam Malik lalu berkata: “kalau besok
kamu masih ada, kami akan mengajarkanmu kitab Muwattha’.”
Imam Syafi’i berkata:
“wahai tuanku, aku telah membaca kitab Muwattha’ sampai hafal.”“bacalah!” lalu
Imam Syafi’i membaca dan Imam Malik menyimaknya. Ketika Imam Syafi’i khawatir
Imam Malik lelah, maka beliau berhenti. Dan Imam Malik lalu berkata: “teruskan
wahai anak muda, aku akan memperbaiki bacaanmu.” Demikianlah, maka aktivitas
harian Imam Syafi’i adalah membaca kitab Muwattha’ dibawah bimbingan Imam Malik.
Beliau pun selalu hadir di
majlis ilmu Imam Malik yang menerangkan tentang hadits-hadits Rasulullah SAW..
Imam Malik memuji kuatnya hafalan dan keluasan pemahaman Imam Syafi’i terhadap
ilmu yang dipelajarinya. Seringkali sehabis membacakan kitabnya, Imam Malik
meminta Imam Syafi’i untuk menyampaikannya kepada orang lain. Imam Malik juga
sering memberikan hadiah kepada sang murid sebagai wujud rasa cinta dan
perhatian beliau kepadanya.
Demikian juga Imam Syafi’i
begitu mencintai gurunya dengan sepenuh hati. Beliau berkata: “Malik bin Anas
adalah guruku. Dari beliau aku belajar dan tidak ada orang yang aku percaya
kecuali Malik bin Anas. Dan aku menjadikan Malik bin Anas sebagai hujjah
(saksi) antara aku dan Allah.”
Kepergian Imam Syafi’i ke
Iraq
Pada waktu Imam Syafi’i
telah menyelesaikan pelajarannya pada Imam Malik, beliau mendengar kabar
tentang Abu Yusuf dan Muhammad bin Hasan yang adalah murid sekaligus sahabat
Imam Abu Hanifah yang sedang berada di Iraq yaitu di kota Kufah. Beliau ingin
sekali bertemu dengan mereka berdua. Maka Imam Syafi’i lantas memohon izin
kepada Imam Malik untuk pergi ke Iraq.
Imam Malik memberi
tambahan bekal kepada beliau dan menyewakannya hewan tunggangan menuju kota
Kufah.
Di Kufah, begitu berjumpa
dengan Abu Yusuf dan Muhammad bin Hasan,
mereka berdua sangat gembira dengan kedatangan Imam Syafi’i. Mereka bertanya
kepada beliau tentang Imam Malik bin Anas. Beliau berkata: “aku telah datang
kepadanya.” Salah satu dari keduanya berkata: “apakah kamu melihat kitab
Muwattha’?” Imam Syafi’i menjawab: “aku telah menghafal kitab tersebut dalam
lubuk hatiku.”
Itu semua telah membuat
Muhammad bin Hasan dan Abu Yusuf menaruh hormat kepada Imam Syafi’i. Muhammad
bin Hasan lalu bertanya kepada beliau tentang masalah thaharah, zakat, jual
beli, dan masalah lainnya yang dijawab dengan jawaban yang sangat bagus oleh
Imam Syafi’i. Bertambah kagumlah Muhammad bin Hasan pada beliau. Kemudian ia
mengajak Imam Syafi’i ke rumahnya dan mengizinkan Imam Syafi’i untuk menyalin
kitab apa saja yan dia inginkan yang ada di perpustakaan miliknya.
Selama di Kufah, Imam
Syafi’i menjadi tamu Muhammad bin Hasan. Ketika beliau telah selesai
mempelajari kitab-kitab di perpustakaan Muhammad bin Hasan, beliau lantas mohon
izin untuk meneruskan perjalanan menuju Persia dan kota-kota disekitarnya.
Kembali ke Madinah
Ketika beliau di kota
Romlah ada serombongan orang Madinah datang. Beliau bertanya tentang keadaan
guru beliau, Imam Malik bin Anas. Mereka menjawab bahwa Imam Malik dalam
keadaan sehat. Imam Syafi’i merasa rindu dan ingin sekali berjumpa dengan guru
yang sangat dicintainya itu. Maka beliau pun mempersiapkan diri untuk
perjalanan menuju ke Madinah.
Sampai di Madinah, setelah
berziarah ke makam Rasulullah SAW.beliau lantas menuju pengajian Imam Malik.
Ketika Imam Malik mengetahui kehadiran Imam Syafi’i, beliau memanggilnya dan
memeluknya dengan penuh kerinduan. Murid-murid Imam Malik yang lain merasa
terharu melihat peristiwa ini. Imam Malik lalu membawa Imam Syafi’i duduk
disisinya. Beliau berkata: “ajarilah ini, wahai Syafi’i.” Setelah menyelesaikan
pelajaran itu, Imam Malik mengajak Imam Syafi’i ke rumahnya.
Imam Syafi’i tinggal
selama beberapa tahun di Madinah. Selama itu beliau senantiasa mendapat
perlakuan yang istimewa dan sangat diperhatikan oleh gurunya. Pada bulan
Rabi’ul awwal tahun 179 H Imam Malik bin Anas wafat dan dimakamkan di pemakaman Baqi’ di kota Madinah. Seluruh
penduduk Madinah tenggelam dalam duka cita karena meninggalnya Imam yang sangat
alim dan mulia ini.
Setelah wafatnya Imam
Malik, Imam Syafi’i masih tinggal beberapa lama di Madinah. Beliau kemudian
pergi ke Yaman, menetap dan mengajarkan ilmunya di sana.
Berita tentang keluasan
ilmu beliau segera saja menyebar ke seluruh negeri. Orang berduyun-duyun datang
untuk menyimak pelajaran yang beliau sampaikan. Ketinggian ilmu dan ma’rifahnya,
baik itu dibidang fiqh, hadits, filsafat, kedokteran, ilmu falak dan lain-lain
membuat khalifah Harun al-Rasyid mengundang beliau dan meminta beliau untuk
mengajar di kota Baghdad.
Sejak saat itu beliau
dikenal secara luas dan lebih banyak lagi orang yang datang menuntut ilmu
padanya. Pada waktu itulah madzhab beliau mulai dikenal. Imam Syafii mengajar
banyak orang yang kelak sebagian dari mereka menjadi ulama-ulama yang besar
pula. Diantara murid-murid beliau yaitu Imam Ahmad bin Hanbal yang kelak
dikenal sebagai salah seorang Imam madzhab juga.
Semua orang, baik dari
kalangan pejabat maupun rakyat sangat mencintai dan mengagungkan kedudukan Imam
Syafi’i. Demikian pula murid-murid beliau begitu menaruh hormat padanya.
Ini terbukti ketika Imam Ahmad
bin Hanbal sakit dan Imam Syafi’i membesuknya. Waktu beliau sampai di rumahnya,
Imam Ahmad bin Hanbal langsung turun dari tempat tidurnya dan meminta Imam
Syafi’i untuk duduk di tempat itu. Sedangkan Imam Ahmad bin Hanbal duduk di
tanah dan sewaktu-waktu beliau bertanya pada Imam Syafi’i.
Ketika Imam Syafi’i hendak
pulang, Imam Ahmad bin Hanbal menaikkan
beliau ke hewan tunggangannya. Lalu Imam Ahmad bin Hanbal naik ke
tunggangannya -beliau dalam kondisi sakit- dengan menerobos jalan dan
pasar-pasar Baghdad, sampai ia bisa mengantar Imam Syafi’i tiba di rumahnya.
Pulang ke Mekkah
Setelah beberapa waktu
berada di Baghdad, beliau bermaksud pulang ke Mekkah. Memakan waktu perjalanan
beberapa hari akhirnya beliau sampai di Mekkah. Waktu itu tahun 181 H. Sebelum
masuk kota Mekkah, beliau mendirikan kemah di luar kota. Penduduk Mekkah keluar
untuk menyampaikan salam dan menyambutnya.
Beliau lalu
membagi-bagikan seluruh emas dan perak yang beliau miliki kepada mereka. Hal
itu dilakukan untuk melaksanakan wasiat ibunya ketika beliau datang ke Mekkah.
Begitulah, Imam Syafi’i masuk ke kota Mekkah dalam keadaan tidak membawa
apapun, sama seperti ketika beliau keluar dari Mekkah dalam keadaan tidak
membawa benda apapun.
Beliau tinggal di Mekkah
selama 17 tahun. Selama berada disana beliau mengajarkan ilmu pada manusia.
Madzhab Imam Syafi’i tersebar di antara jamaah haji dan mereka membawa madzhab
tersebut ke tempat asal mereka masing-masing.
Selama 17 tahun tinggal di
Mekkah beliau mendengar wafatnya Abu Yusuf dan Muhammad bin Hasan yang dahulu
pernah ditemuinya di kota Kufah. Setelah itu wafat pula Harun al-Rasyid.
Setelah sekian lama
tinggal di Mekkah beliau lantas kembali ke kota Baghdad. Disana beliau
melanjutkan kegiatan mengajar selama beberapa waktu. Setelah itu beliau
bermaksud hendak pergi ke Mesir. Ketika penduduk Baghdad mendengar akan
kepergian orang mulia ini, maka mereka keluar untuk perpisahan dengan beliau.
Di tengah-tengah penduduk
ini ada Imam Ahmad bin Hanbal. Maka diwaktu itu Imam Syafi’i memegang erat
tangan Imam Ahmad bin Hanbal dan berkata: “sungguh aku rindu akan bumi Mesir.
Selain Mesir adalah bumi yang tandus. Demi Allah, aku tidak tahu untuk kemuliaan
atau untuk kaya aku pindah ke Mesir. Atau pindah ke kubur?”
Seakan-akan Imam Syafii
merasa akan wafat di Mesir dan kuburannya akan berada di negeri itu. Lalu
beliau menangis. Imam Ahmad bin Hanbal dan semua orang yang menyaksikan
perpisahan itu menangis semua. Imam Ahmad bin Hanbal pulang sambil bercucuran
airmata dan berkata pada para penduduk Baghdad: “ sungguh ilmu fiqh telah
tertutup, lalu Allah membukakan ilmu itu dengan kedatangan Imam Syafi’i.”
Menetap di Mesir
Di negeri Mesir segera
saja penduduknya jatuh hati pada Imam Syafi’i. Para ulama negeri itu juga
memuliakannya dan meminta beliau untuk mengajar di masjid Amru bin Ash. Beliau
mengajar sehabis subuh sampai zhuhur. Imam Syafi’i adalah orang pertama yang
mengajar ilmu hadits di Mesir sampai zhuhur. Setelah itu beliau melanjutkan
pelajaran di rumahnya.
Para ulama dan orang-orang
jenius terpelajar lainnya datang menyimak pelajaran yang beliau sampaikan baik
di masjid maupun di rumah. Di antara orang-orang yang belajar pada beliau yang
kelak menjadi ulama terkenal adalah Muhammad bin Abdullah bin Hakam, Abu
Ibrahim bin Ismail bin Yahya Al-Muzani, Abu Yaqub Yusuf bin Yahya Al-Buwaiti, Rabi’ Al-Jizi dan lain
sebagainya.
Ketika di Mesir ini pula
Imam Syafi’i banyak menulis kitab yang berisi madzhab beliau. Di antara
kitabnya adalah Al-Umm, Imla’ al-Shaghir, Jizyah, Ar-Risalah dan lain
sebagainya.
Sebagian dari akhlak Imam
Syafi’i
Imam Syafi’i adalah
seorang yang taqwa, zuhud dan wara’.
Beliau juga sangat santun dalam memberi peringatan kepada orang yang melakukan
kesalahan. Hatinya sangat lembut dan dermawan terhadap harta.
Baihaqi meriwayatkan dari
Hasan bin Habib. Dia berkata: “Aku melihat Imam Syafi’i menunggang kuda
melewati pasar sepatu.
Tiba-tiba cambuknya jatuh
dan mengenai salah seorang pedagang sepatu. Lalu pedagang sepatu itu mengusap
cambuk untuk membersihkannya dan memberikan cambuk itu pada beliau. Imam
Syafi’i lalu menyuruh budaknya untuk memberikan uangnya pada pedagang itu.”
Tiada hari yang dilewati
beliau tanpa bershadaqah. Siang dan malam beliau selalu bershadaqah, Apalagi di
bulan Ramadhan. Beliau juga sering mengunjungi fakir miskin dan menjamin
kebutuhan-kebutuhan mereka. Untuk menafkahi keluarganya beliau berdagang.
Imam Syafi’i sangat baik
dalam memperlakukan kerabat-kerabatnya. Beliau menghormati mereka dan tidak
menyombongkan dirinya. Beliau menghormati orang sesuai posisinya. Imam Syafi’i
pernah berkata: “Paling zhalimnya orang adalah ia yang menjauhi kerabatnya,
tidak mau tahu terhadap mereka, meremehkan dan sombong pada orang yang memiliki
keutamaan.”
Beliau juga senantiasa
memaafkan orang yang berbuat kesalahan kepadanya. Beliau membalas kejahatan
dengan kebaikan dan tidak pernah menyimpan dendam kepada seseorang.
Pujian Ahmad bin Hanbal
kepada Imam Syafi’i
Sewaktu di Baghdad, Imam
Syafi’i selalu bersama Imam Ahmad bin Hanbal. Demikian cintanya pada Imam
Syafi’i, sehingga putra-putri Imam Ahmad merasa penasaran kepada bapaknya itu.
Putri Imam Ahmad memintanya untuk mengundang Imam Syafii bermalam di rumah
untuk mengetahui perilaku beliau dari dekat. Imam Ahmad bin Hanbal lalu menemui
Imam Syafi’i dan menyampaikan undangan itu.
Ketika Imam Syafi’i telah
berada di rumah Ahmad, putrinya lalu membawakan hidangan. Imam Syafi’i memakan
banyak sekali makanan itu dengan sangat lahap. Ini membuat heran putri Imam
Ahmad bin Hanbal.
Setelah makan malam, Imam
Ahmad bin Hanbal mempersilakan Imam Syafi’i untuk beristirahat di kamar yang
telah disediakan. Putri Imam Ahmad melihat Imam Syafi’i langsung merebahkan
tubuhnya dan tidak bangun untuk melaksanakan shalat malam. Pada waktu subuh
tiba beliau langsung berangkat ke masjid tanpa berwudhu terlebih dulu.
Sehabis shalat subuh,
putri Imam Ahmad bin Hanbal langsung protes kepada ayahnya tentang perbuatan
Imam Syafi’i, yang menurutnya kurang mencerminkan keilmuannya. Imam Ahmad yang
menolak untuk menyalahkan Imam Syafi’i, langsung menanyakan hal itu kepada Imam
Syafi’i.
Mengenai hidangan yang
dimakannya dengan sangat lahap beliau berkata: “Ahmad, memang benar aku makan
banyak, dan itu ada alasannya. Aku tahu hidangan itu halal dan aku tahu kau
adalah orang yang pemurah. Maka aku makan sebanyak-banyaknya. Sebab makanan
yang halal itu banyak berkahnya dan makanan dari orang yang pemurah adalah
obat. Sedangkan malam ini adalah malam yang paling berkah bagiku.”
“Kenapa begitu, wahai
guru?”
“Begitu aku meletakkan
kepala di atas bantal seolah kitabullah dan sunnah Rasulullah SAW. digelar di
hadapanku. Aku menelaah dan telah menyelesaikan 100 masalah yang bermanfaat
bagi orang islam. Karena itu aku tak sempat shalat malam.”
Imam Ahmad bin Hanbal
berkata pada putrinya: “inilah yang dilakukan guruku pada malam ini. Sungguh,
berbaringnya beliau lebih utama dari semua yang aku kerjakan pada waktu tidak
tidur.”
Imam Syafi’i melanjutkan:
“Aku shalat subuh tanpa wudhu sebab aku masih suci. Aku tidak memejamkan
mata sedikit pun .wudhuku masih terjaga sejak isya, sehingga aku bisa shalat
subuh tanpa berwudhu lagi.”
Dilain kesempatan Imam
Ahmad bin Hanbal pernah berkata: “aku tidak pernah shalat sejak 40 tahun silam
kecuali dalam shalatku itu aku berdoa untuk Imam Syafi’i.”
Abdullah, putranya lantas
bertanya: “wahai ayahku, seperti apa sih Syafi’i, sehingga ayah selalu
berziaroh ke Makam Imam Syafi'i berdoa untuknya?” Imam
Ahmad bin Hanbal menjawab: “wahai anakku, Imam Syafi’i bagaikan matahari bagi
dunia dan seperti kesehatan bagi tubuh. Lihatlah anakku, betapa pentingnya dua
hal itu.”
Abdul Malik bin Abdul
Hamid al-Maimuni berkata: “Aku berada di sisi Ahmad bin Hanbal dan beliau
selalu menyebut Imam Syafi’i. Aku selalu melihat beliau mengagungkan Imam
Syafi’i.”
Wafatnya Imam Syafi’i
Beliau wafat pada malam jum’at
akhir dari bulan Rajab tahun 204 H setelah mengalami sakit selama beberapa
waktu. Setelah isya ruh beliau yang suci kembali ke Rahmatullah di pangkuan
murid beliau, yaitu Rabi’ al-Jizi. Jenazah beliau dimakamkan dengan iringan
tangis dan rintih duka cita dari segenap penduduk Mesir.

3 Comments
Kami pun merinduimu Imam as shafii meski tidak pernah menatap wajahmu.
ReplyDeleteKami pun merinduimu Imam as shafii meski tidak pernah menatap wajahmu.
ReplyDeleteallahu...jamil awey wallahi..
ReplyDelete